Home » , » Halal Bi Halal wujud kebersamaan

Halal Bi Halal wujud kebersamaan

Written By Dedi sufian on Minggu, 09 Desember 2012 | 06.55

poto bersama panitia Halal Bi Halal
Mujahidin merupakan salah satu desa diwilayah kecamatan Brang Ene Kabupaten Sumbawa Barat. Dalam usia yang relatif masih baru, desa Mujahidin termasuk salah satu desa yang telah mampu menujukkan prestasi yang sangat membanggakan sekalikus mengharumkan nama Sumbawa Barat di Tingkat Nasional.
Awal Tahun 2012 mujahidin mewakili Provensi NTB dalam prgram PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) tingkat nasional di Jakarta.
Budaya masyarakat yang rukun dan selalu menjunjung nilai-nilai gotong royong inilah salah satu hal yang menghantarkan mujahidin meraih prestasi seperti yang sebutkan tadi, selain itu dapat kita lihat banyaknya generasi muda mujahidin yang secara aktif langsung maupun tidak lansung dalam pembangunan  bersama masyarakat.
Halal bi halal merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh pemuda pelajar mahasiswa Mujahidin dalam mengisi aktivitas bulan Ramadhan, dengan kegiatan ini pemuda pelajar, mahasiswa menjadi wadah dalam menyampekan ide gagasan untuk mujahidin. Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan Ramadhan sebagai sarana silaturrahim antar warga masyarakat yang ada didesa Mujahidin, bukan hanya itu halal Bihalal juga melibatkan seluru elemen masyarakat baik toko pemuda, toko agama maupun pejabat desa. Menarik dari kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan sebelum Halal Bihalal yaitu dalam menyemarakkan bulan Ramadhan dari pihak remaja masjid membuat kegiatan berupa perlombaan, seperti tilawatil Qur'an tingkat SD-SMP, hafalan ayat-ayat pendek, ceramah agama tingkat anak-anak ada juga perlombaan melibatkan orang dewasa seperti main bola ala bulan puasa, lomba lari karung dan banyak lainnya.
Puncak dari rangkain kegiatan ini adalah resepsi Halal Bi Halalnya diselenggarakan hari ke tiga atau keempat Bulan Sawal yang kemas seunik mungkin dengan menampilkan banyak kreasi atau kreativitas pemuda, pelajar dan Mahasiswa berupa pertunjukan seperti drama, puisi, tari-tarian bahkan tidak kalah hebat para sesepu masyarakat juga menujukkan kebolehannya berupa melangko sebut orang mujahidin sejenis berbalas pantun. Penampilan-penampilan dari pemuda begitu memukau para tamu undangan yang hardir, dan kadang membuat kagum atas penampilan anak-anak SD mujahidin.
Semoga tradisi ini dapat terus dilestarikan sebagai kegiatan rutin untuk menjaga kearipan dan budaya saling pariri yang selama ini sudah terbangun dengan baik.

Mujahidin, Fajar Karya

Desa  iliuk ning ai lapan

maras gama tu basai

nyaman bau saling angkat

Totang Gama jasa sia

ngaro doa sia bunda

lako kami tuntul ilmu

nyaman bariri kami muli 

by. Dedi S Fajari


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Fajar Insan Cendikia (FIC) Pendidikan Karakter - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger